Friday, December 9, 2016
Home Hot News PSN Articles Menegpora: Olah Raga di Sumut Masih Tertinggal
Menegpora: Olah Raga di Sumut Masih Tertinggal PDF Print E-mail
Written by Efendi   
Monday, 25 January 2010 20:38

Menteri Negara Pemuda dan Olah Raga Andi Malarangeng menyentil perkembangan olah raga di Sumut yang dinilainya masih tertinggal dibanding daerah-daerah lain.



"Pertumbuhan ekonomi di Sumut tidak dibarengi peningkatan prestasi olah raga, padahal di negara lain pertumbuhan ekonomi sejalan dengan perkembangan di bidang olah raga," katanya di Medan, Jumat (8/1).

Menurut dia, pertumbuhan ekonomi Sumut dalam beberapa tahun belakangan dapat dikatakan cukup tinggi, yakni rata-rata mencapai 6,26 persen per tahun. Angka tersebut bahkan di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional yang hanya 5,38 persen.

"Hanya sayangnya pertumbuhan ekonomi tersebut tidak dibarengi dengan peningkatan prestasi di berbagai bidang olah raga," katanya.

Sebagai contoh ia menyebut pada PON XVII di Kaltim, di mana Sumut hanya menempati peringkat ketujuh dengan raihan 20 emas, 11 perak dan 29 perunggu.

Raihan medali tersebut masih di bawah daerah lainnya yang pertumbuhan ekonominya tidak setinggi Sumut, seperti Sulawesi Selatan yang berada di peringkat keenam dengan raihan 25 emas, 23 perak dan 29 perunggu.

Begitu juga di SEA Games 2009 di Laos, di mana Indonesia meraih 43 emas, 53 perak dan 74 perunggu dan berada di peringkat ketiga di bawah Thailand dan Vietnam.

Dari 43 emas yang diraih Indonesia, hanya dua medali emas yang disumbangkan atlet dari Sumut, yakni dari cabang wushu atas nama Andi Lukman dan cabang renang atas nama Indra Gunawan.

"Ini tentunya menjadi PR bagi Gubernur Sumut H Syamsul Arifin, bagaimana prestasi atlet-atlet Sumut untuk tahun-tahun mendatang dapat lebih baik lagi. Jadi pertumbuhan ekonomi harus sejalan dengan prestasi di bidang olah raga," katanya.

 

Sumber : Bola.net (ant/zul)

Last Updated on Monday, 25 January 2010 20:44
 

Main Menu

Sponsor

Polygon Cycle

Polling

Pendapat Anda tentang website Polygon Sweet Nice?
 
We have 20 guests online